Assalammu'alaikum wr.wb
A.Nama Kegiatan
"Membahas Tentang Chapter 9"
B.Pendahuluan
1.Pengertian
BestPath Network adalah suatu lembaga training dan consulting
jaringan,dimana ini adalah solusi untuk anda belajar lebih mudah tentang
dunia jaringan yang luas
2.Latar Belakang
Karena untuk melanjutkan materi chapter 9 dan mengikuti training Cisco.
3.Maksud & Tujuan
Agar dapat memahami chapter 9
4.Hasil yang Diharapkan
Dapat menguasai chapter9
C.Jangka & Waktu Pelakanaan
09.00 - 17.00
D.Alat & Bahan
Laptop
Internet
E.Proses & Tahapan Pelaksanaan
Proses mengidentifikasi, menemukan dan memperbaiki masalah jaringan.
Mempertahankan dokumentasi penting saat troubleshooting.
Mengumpulkan Informasi
Pertanyaan individual dengan
#melaporkan masalah dan berbagi
#pengalaman dengan pengguna yang
#pernah terkena masalah yang sama.
#Mengumpulkan informasi tentang
#peralatan apapun yang mungkin
#terkena dampak.
Memilih pendekatan troubleshooting
-Top-down adalah itu prosess trobel shoting muluai dari teratas yaitu application -Divide-and conquer ketika terjadi masalah langsung ngecek ke bagian network.
-Bottom-up adalah pengecekan dari bawah ke atas
-Trial
and Error yang sudah pengalaman sudah pernah mengalami masalah seperti
itu jika ada masalah kaalian sudah tau masalhnya itu dimana
Substitution ini ganti perangkat dia bikin backup itu yang sering di guanakan oleh isp isp
Menggunakan panca indra
Penglihatan mata ini biasanya kalu kita trobelshot di phisical masalah kabel led perangkat
Penciuman bau yang terbakar over head kepanasan
Peraba menyentuh kalian pernah gak ngecek ada angin yan pas kalian masnag heatsink fans
Pendengaran jika hatsink fans nya ada bunyi yang agak engak enak berat itu ada masalah
Menggunakan Software dan Utility
Apa hasil dari ‘ping’?
*Jika
ping ke kedua nama dan alamat IP berhasil, namun pengguna tetap tidak
dapat mengakses aplikasi, maka masalahnya kemungkinan besar berada pada
aplikasi di host tujuan.
*Jika ping tidak berhasil, maka konektivitas jaringan di sepanjang jalur menuju tujuan kemungkinan besar adalah masalah.
*Jika
ping ke default gateway berhasil, masalahnya bukan lokal. Jika ping ke
default gateway gagal, masalahnya berada pada jaringan lokal.
Ping mungkin gagal karena firewall pada perangkat pengirim atau penerima, atau router di sepanjanga jalur yang menghalangi ping.
Bisakah saya mencapai tujuan?
*Utilitas
tracert menyediakan informasi konektivitas tentang jalur yang
dibutuhkan untuk mencapai tujuan dan tentang setiap router (hop) di
sepanjang jalur.
*Mengidentifikasi Keaktifan Koneksi
*Netstat mencantumkan protokol yang digunakan.
*Mengatasi Masalah DNS
*Utilitas nslookup memungkinkan #pengguna untuk mencari informasi#tentang nama DNS tertentu di server#DNS.
seumpa
ketika kita tidajk terhubung ke google kita bisa mengecek mengunakan
traceroute maksutnya kita bisa masuk mengecek sampai berapa
koneksi aktif
*Divide and Conquer
Ping dari klien wireless ke default gateway
Ping dari klien berkabel ke default gateway
Ping dari klien wireless ke klien berkabel
Bottom Up
*Memeriksa LED
LED mungkin berubah warna atau
flash untuk menyampai- kan informasi
Penyebab Masalah Wireless
*Tidak semua standar wireless itu kompatibel.
*Setiap percakapan wireless harus terjadi pada saluran terpisah dan tidak tumpang tindih.
*Kekuatan sinyal RF menurun dengan jarak.
*Sinyal RF rentan terhadap gangguan dari sumber luar
*AP berbagi bandwith yang tersedia di antara perangkat.
*Kesalahan Otentikasi dan Asosiasi
*SSID harus sesuai dengan AP dan klien.
*Klien dan AP harus dikonfigurasi dengan kunci otentikasi yang sama.
*Kunci enkripsi yang sama harus dikonfigurasi pada AP dan klien.
Mungkinkah itu Firewall?
Periksa apakah aplikasi itu port TCP atau UDP ‘open’dan tidak ada daftar filter memblokir lalu lintas ke portitu.
Periksa semua pengaturan di router untuk memastikan tidak adanya pembatasan keamanan yang dapat menyebabkan masalah
Dimana saya bisa mendapatkan bantuan?
Mungkin perlu mendapat bantuan dari sumber luar.
Kapan saya bisa memanggil batuan itu?
Mungkin perlu menghubungi bagian dukungan vendor atau ISP untuk mendapatkan bantuan.
Menggunakan Meja Dukungan
Penting untuk memberi informasi pendukung sebanyak
mungkin suatu informasi.
it suport mengecek ngecek
network in gener itu cuma ngecek jaringan
Menyelesaikan Masalah
*Mereka dapat meningkatkan masalah ke tingkat yang lebih tinggi.
*Catat semua informasi mengenai interaksi dengan meja dukungan
*Tiket dan Tata Kerja
*Saat pelanggan mengidentifikasi siapa mereka, si teknisi mengakse pelanggan yang relevan informasi.
*Informasi dipindahkan ke sebuah tiket masalah, atau laporan kejadian.
*Bila diperlukan panggilan di tempat,informasi tiket bermasalah bisa dikonversi menjadi sebuah perintahkerja.
*meja
dukungan jika ada masalah pasti kan ada diskusi hasil diskusi nanti
kita *catat dan itu yang bisa membantu menyelesaikan masalah.
F.Hasil yang Didapatkan
Dapat memahami materi chapter9 namun terkadang lupa.
G.Temuan Masalah
----------
H.Kesimpulan
Ketiaka kita mendapatkan suatu masalah maka kita harus mencari troubelshootingnya.
#Jangan Lupa Bahagia
Wassalammu'alaikum wr.wb
Langganan:
Posting Komentar (Atom)